Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 

Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 13-22




SBDP KD 3.2


Tangga Nada dan Interval Nada

  • Nada-nada yang disusun berdasarkan tinggi dan rendahnya secara berurutan membentuk tangga nada. 
  • Jarak antarsatu nada dengan nada lainnya dinamakan interval nada.


  • Untuk mengetahui jarak pada nada, kita dapat menggunakan tanda kromatik. 
  • Tanda kromatik adalah tanda yang digunakan untuk menaikkan, menurunkan, atau mengembalikan nada yang telah dinaikkan atau diturunkan. 
  • Tanda kres (#) adalah tanda kromatik yang berfungsi untuk menaikkan setengah nada. 
  • Tanda mol (b) adalah adalah tanda kromatik yang berfungsi untuk menurunkan setengah nada. 

Ciri tangga nada mayor dan tangga nada minor



Perhatikan lagu Ibu Kita Kartini
  • Lagu Ibu Kita Kartini memiliki nada dasar D (D = Do). 
  • Lagu ini termasuk lagu dengan tangga diatonis mayor. 
  • Lagu ini memiliki tanda dua kress (tangga nada 2#). Artinya, ada dua nada, yaitu F dan C yang dinaikkan setengah nada menjadi Fis dan Cis pada lagu tersebut. 


Bahasa Indonesia KD 3.3

Isi Teks Pidato

Salam pembukaan 
Bagian dari teks pidato yang biasanya terletak pada bagian awal yang menjadi pembukaan pidato.

Kalimat pembuka 
Bagian dari teks pidato berisi kalimat sapaan terhadap audiensi.  

Isi
Bagian dari teks pidato yang berisi inti dari informasi yang akan disampaikan dan dibicarakan dalam pidato. 

Kalimat penutup
Bagian dari teks pidato yang berisi simpulan, harapan, dan permintaan maaf kepada audiensi jika ada kesalahan dalam berkata dan juga menyinggung pembaca. 

Salam penutup
Bagian dari akhir teks pidato yang menjadi penutup pidato. 


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua. 

Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April  adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki. 

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.  Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan Pendidikan Indonesia. 

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita. 

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



IPA KD 3.2


Peran Orang Tua pada Masa Pubertas


Peran orang tua diperlukan dalam menyikapi masa pubertas yaitu

Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dalam masa pubertas antara lain: 

1) memberikan pemahaman kepada anak mengenai perubahan-perubahan yang baru saja terjadi dalam diri anak. 

2) memandu mereka pada pemahaman akan tanggung jawab sekaligus memberikan kepercayaan diri bahwa mereka dicintai. 

3) Menghargai pendapat mereka, antara lain dengan berusaha menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Pada masa ini, logika mereka semakin matang. 

4) Menjadi teman dekatnya, karena dengan demikian anak akan lebih mudah mengungkapkan isi hati dan problematikanya. Prinsipnya, lebih baik anak curhat ke orang tuanya, dari pada kepada teman, koran, internet dan yang lainnya. 

5) Mengenali lingkungan barunya. Salah satunya adalah mengetahui siapa teman-teman dekat anak kita. Tapi, perlu kehati-hatian, jangan sampai mereka merasa diawasi seperti polisi memelototi penjahat. 

6) Mengubah gaya kita, dari seorang penasihat yang cerewet menjadi pembimbing yang diidolakan. Tidak ada yang lebih dihargai oleh anak di usia puber selain sosok orang tua yang bijak tetapi tegas. 

7) Orang tua seyogyanya memperbanyak doa, karena banyak kemungkinan terjadi di sisi kehidupan anak yang sering tidak bisa diprediksi.





Setelah memahami materi diatas,, silahakan mengerjakan latihan soal berikut;

link LATIHAN SOAL


Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 diatas dapat dilihat dalam bentuk ebook/flipbook, dan dapat di unduh dalam bentuk dokumen pdf.

ebooknya bisa dilihat disini


Sumber buku: 

Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

flipbook Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dapat dilihat disini

dan dapat di download dalam bentuk dokumen pdf

Post a Comment