Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 halaman 77-82

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 6


Bahasa Indonesia KD3.8

Menuliskan Gagasan Utama dan Kalimat Utama Setelah Membaca Teks Nonfiksi

-Gagasan utama merupakan pokok pikiran sebuah teks. 
-Setiap paragraf dalam teks memiliki kalimat utama di dalamnya. 
-Kalimat utama berisi inti informasi dalam suatu paragraf. 

Suatu paragraf   terdiri atas dua jenis kalimat,  yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Kedua jenis kalimat ini wajib ada dan diikuti oleh kalimat-kalimat yang lain.  Kalimat utama dan kalimat penjelas memiliki perbedaan, yaitu dalam suatu paragraf hanya memiliki satu kalimat utama,  sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas. 

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf.   Kalimat utama biasanya bersifat umum  dan memuat keseluruhan isi dalam suatu paragraf. kalimat utama tidak selalu berada di awal paragraf karena gagasan utama bisa berada di akhir,  di tengah,  dan terkadang juga muncul bersamaan diawal dan diakhir paragraf.  kalimat utama disebut juga kalimat topik,  Hal itulah yang menyebabkan kalimat utama menjadi acuan pengembangan paragraf.

Beberapa ciri kalimat utama sebagai berikut;

1. Kalimat utama dapat berdiri sendiri dan memiliki arti yang jelas, sehingga tidak dibutuhkan konjungsi ( penghubung),  kalimat maupun intrakalimat.

2. Kalimat utama biasanya ada di awal paragraf (deduktif).  Namun, terkadang ada di akhir paragraf( induktif).  kalimat utama yang berada di akhir paragraf biasanya didahului dengan kata “ jadi” atau ”dengan demikian”.

3. Kalimat utama berisi suatu permasalahan  yang dapat dikembangkan secara rinci.

4. Kalimat utama merupakan pernyataan yang bersifat umum dan bisa dikembangkan. 



Perhatikan teks nonfiksi berikut!

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat. 

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara. 

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?

Hasil Diskusi:
1. Berdasarkan bacaan di atas, dapat disimpul kan pentingnya melaksanakan hak sebagai berikut.
• Mendukung tercapainya tujuan nasional.
• Mempercepat pembangunan nasional.
• Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.
2. a. Dapat mengharumkan nama daerah/tempat tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaanhak. Contoh olimpiade sains dan atlet renang.
b. Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.


Ayo Berlatih
Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”.dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.

alternatif jawaban


PKn KD3.2

Pelaksanaan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Salah satu hak yang dimiliki oleh warga negara adalah kebebasan untuk menyatakan pendapat dalam musyawarah dan memberikan suara. 



Ayo Menulis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.


Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut. Presentasikan secara lisan di depan kelas.

Hasil Pengalaman :

Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya".

Saya juga melaksanakan hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, karena hak saya ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi "Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saya juga mendapatkan hak saya dalam pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik. Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama. Jika semua warga mendapatkan haknya, akan tercipta masyarakat yang adil dan makmur. 


SBDP KD3.3

Properti yang Digunakan pada Tari Tunggal

-Setiap tari tunggal memerlukan properti untuk menunjang penampilan di atas panggung. 
-Properti tari akan membuat penampilan tari lebih indah dan menarik. 
-Properti yang digunakan disesuaikan dengan gerakan yang ditampilkan. 


Properti tari adalah alat atau benda yang digunakan sebagai pelengkap pementasan tari guna menambah makna dan nilai keindahan gerakan tari yang akan dipentaskan.

Dalam penggunaan properti tari sendiri, harus mempertimbangkan fungsi dan asas pakai properti, sebab proporsi penggunaan properti umumnya secara mendasar akan menentukan tingkat penguasaan keterampilan penari terhadap suatu jenis tarian tersebut.
Beberapa contoh tari nusantara beserta propertinya, antara lain :  
-Tari Topeng Betawi (Dari Jakarta), Properti utamanya berupa topeng.
-Tari Piriang (Dari Sumatera Barat), Properti utamanya berupa piring.
-Tari Pakarena (Dari Sulawesi Selatan), Properti utamanya berupa Kipas.
-Tari Bosara (dari Sulawesi Selatan), Properti utamanya berupa Bosara.
-Tari Rangguk Ayak (Dari Jambi), Properti utamanya berupa Rebana.


Masih berkaitan dengan pelaksanaan hak. Kamu juga mempunyai hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa demi kemajuan kebudayaan nasional. Hak ini bisa kamu lakukan dengan cara mempelajari sebuah tarian daerah. Tarian daerah merupakan akar kebudayaan nasional yang penting untuk dipelihara dan dikembangkan. Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Amatilah gerak-gerak bentuk tari tunggal berikut. Gerak tari berikut merupakan lanjutan dari gerak tari pada pembelajaran 4. Gerak tari ini bertemakan kepahlawan. Berikut gerak-gerak tari bertemakan kepahlawanan.
1. Berlari-lari kecil membuat lingkaran ke kanan, lalu ke kiri.
Kemudian, meluruskan tangan kanan ke kanan dan kaki kiri ke arah kiri jinjit.


2. Memainkan tongkat
Tongkat diluruskan ke atas, ke samping kanan.
Kemudian, lurus ke atas lagi dan ke samping kanan kembali.
Perhatikan arah pandangan kepala sesuai gambar.




Ayo Berlatih

Mempelajari tarian daerah merupakan bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis tunggal. Tampilkan pertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.
1. Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.
2. Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.
3. Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.
4. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.
5. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.


Rangkuman diatas dapat dilihat dalam bentuk ebook/flipbook, dan dapat di unduh dalam bentuk dokumen pdf.

ebooknya bisa dilihat disini


Sumber buku: 
Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Post a Comment