Materi Matematika Kelas 6 Bangun Ruang Balok

Rangkuman Materi Matematika Kelas 6 Bangun Ruang Balok

- Sifat Balok

- Jaring-jaring balok

- Volume Balok

- Luas permukaan balok


A. Sifat-sifat Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda.

Berbeda halnya dengan kubus di mana seluruh sisinya kongruen berbentuk persegi, dan pada balok hanya sisi yang berhadapan yang sama besar.


Sifat bangun Balok

-Sedikitnya sebuah balok mempunyai dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang.

-Rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama panjang:AB = CD = EF = GH, dan AE = BF = CG = DH.

-Pada masing-masing diagonal bidang pada sisi yang berhadapan berukuran sama panjang, yakni: ABCD dengan EFGH, ABFE dengan DCGH, dan BCFG dengan ADHE yang mempunyai ukuran sama panjang.

-Masing-masing diagonal ruang pada balok mempunyai ukuran sama panjang.

-Masing-masing bidang diagonalnya berbentuk persegi panjang.



Sifat bangun Balok ABCD EFGH;
-Memiliki 6 sisi ;
-Memiliki 12 rusuk ;
-Memiliki 8 titik sudut;
-Memiliki 4 buah diagonal ruang;
-Memiliki 12 buah bidang diagonal;


B. Jaring-jaring Balok
Jaring-jaring balok adalah gabungan dari tiga pasang bidang persegi panjang yang dapat disusun menjadi bangun ruang balok. Kita mengetahui bahwa balok memiliki tiga pasang bidang yang sama ukurannya.

Berikut ini beberapa jaring-jarring balok;






D. Luas Permukaan Balok

Luas permukaan balok ialah luas keseluruhan dari permukaan ataupun bidang sisi pada balok. Apabila sisi-sisi balok kita gambarkan mendatar maka akan terbentuk sebuah jaring-jaring balok.luas dari jaring-jaring balok itulah yang disebut sebagai luas permukaan balok.





Rangkuman diatas dapat dilihat dalam bentuk ebook/flipbook, dan dapat di unduh dalam bentuk dokumen pdf.

ebooknya bisa dilihat disini


Sumber buku: 
Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Senang Belajar Matematika, edisi revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2018

Post a Comment