Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 103 - 112



Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 103 - 112

Semut dan Belalang

Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang. 

Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari membuat kalian lelah  dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut. “Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut. 

“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut. 

“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang. “Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalua ingin merepotkan diri!” tukasnya. 

Begitulah adanya. Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu. Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang? 

PKn KD 3.1

Sikap yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pemimpin 

Dari cerita diatas, seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya,  semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan dimusim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.
Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan dirimu?  

1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
Jawaban :
Kelompok Semut tersebut sedang bekerja mengumpulkan bahan makanan untuk bekal persediaan. Para semut melakukan hal tersebut karena pada musim dingin sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari makanan saat makanan berlimpah.

2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
Jawaban :
Sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, karena akan merugikan diri sendiri dan yang lain.

3. Bagaimana cara semut bekerja?
Jawaban :
Semut bekerja secara bersama-sama/kerjasama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari tempat makanan menuju sarang . Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan cepat dilaksanakan.

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
Jawaban :
Nilai Kerja keras pantang menyerah, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kebersamaan/gotong royong dan kepemimpinan.



Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

- Pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong/kerjasama
- Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai.
- Dengan kepemimpinan yang baik, maka suatu perkumpulan/organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya akan lebih baik dan mudah, serta lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama.
- Bekerja keras pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.
- Dengan saling menasihati satu dengan yang lain, maka keberhasilan suatu tujuan akan lebih mudah tercapai dan akan timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan.
- Malas dan sombong hanya akan merugikan diri sendiri

Apakah kamu tahu kelebihan dan kekuranganku?
Kelebihanku : (silakan dipilih)
- Mudah bergaul
- Humoris
- Pantang menyerah
- Rasa ingin tahu yang tinggi
- Toleran

Kekuranganku : (silakan dipilih)
- Pelupa
- Menunda pekerjaan
- Ceroboh
- Penakut
-  Malas

Apa yang akan aku lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?

Alternatif Jawaban:
Saya akan menggunakan prinsip SWOT, (Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kekurangan, Opportunities/Peluang, dan Threats/Ancaman dalam menggapai cita-cita atau apa yang menjadi harapan saya. Dengan Kekuatan/kelebihan saya akan mampu mengambil keuntungan dari peluang/Opportunities yang ada, serta bagaimana cara mengatasi Kelemahan atau kekurangan/Weaknesses yang saya punya, yang mana kekuatan/kelebihan saya tersebut mampu mengatasi/menghadapi segala tantangan/ancaman (Threats).

Kegiatan di Sekolah yang membutuhkan gotong royong
1. Gotong royong dalam piket kelas
2. Gotong royong dalam persiapan upacara bendera
3. Gotong royong dalam mengerjakan tugas kelompok
4. Gotong royong dalam mengumpulkan dana untuk korban bencana
5. Gotong royong dalam melaksanakan 5 K (Kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan) di sekolah

Alasan :
1. Kebersihan kelas merupakan tugas bersama, kalau dikerjakan bersama akan lebih mudah dan cepat selesai
2. Upacara bendera merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, jika tidak ada semangat gotong royong, maka kegiatan upacara bendera bisa gagal terlaksana
3. Jika kerja kelompok dikerjakan bersama-sama maka hasil yang dicapai lebih bagus, lebih mudah dan lebih bervariasi alternatif-alternatif jawaban yang bisa diperoleh
4. Dengan mengumpulkan secara bersama-sama, maka pekerjaan lebih efektif, hasil yang diperoleh lebih banyak daripada dilakukan sendiri. Juga dapat menimbulkan semangat kebersamaan
5. Pekerjaan cepat selesai, lebih sempurna hasilnya dan mampu memacu semangat kebersamaan diantara siswa-siswa

Sikap yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pemimpin 
-Jujur dalam menjalankan kepemimpinannya. 
-Mampu bersikap tegas jika ada anggotanya yang melakukan tindakan tidak disiplin. 
-Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan anggota yang dipimpinnya. 
-Mampu bersikap tenang meskipun berada di bawah tekanan. 
-Mampu mengarahkan anggota untuk mencapai tujuan bersama. 
-Mau menerima kritik dan saran dari anggota yang dipimpinnya. 
-Mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi teladan yang baik bagi anggotanya. 

latihan soal

Bahasa Indonesia KD 3.3

Pesan dalam Pidato Kepemimpinan

Pesan yang disampaikan dalam pidato ada yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung. 
Pesan yang disampaikan secara langsung misalnya dalam bentuk ajakan dan imbauan. 
Pesan yang disampaikan secara tidak langsung biasanya dalam bentuk pernyataan tersirat. 


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyimpulkan pesan pidato: 
-Pesan harus mencakup isi pidato yang disampaikan. 
-Pesan bukanlah ringkasan pidato, tetapi berupa penafsiran pendengar terhadap hal-hal yang disampaikan oleh orator ketika berpidato. 

Rancangan Teks Pidato

Topik : "Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"

Salam pembuka
Berisi Kalimat Sapaan

Pendahuluan
Memaparkan tentang musyawarah mufakat

Inti
Berisi tentang bahasan topik Bermusyawarah secara lengkap, manfaat yang diperoleh, tujuan dan dampak dari musyawarah

Penutup
Penyampaian rangkuman/intisari dari Musyawarah untuk kepentingan bersama

Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 diatas dapat dilihat dalam bentuk ebook/ flipbook, dan dapat di unduh dalam bentuk dokumen pdf.

ebooknya bisa dilihat disini


Sumber buku: 

Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

flipbook Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dapat dilihat disini

dan dapat di download dalam bentuk dokumen pdf

Post a Comment