Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3

Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 119 - 124



Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 119 - 124


Bahasa Indonesia KD 3.3

Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Pidato

Dalam menyusun teks pidato, kita harus menentukan dahulu topik yang akan dibahas. Topik tersebut dapat disebut gagasan pokok. Selain gagasan pokok, pidato juga harus mempunyai tema, tujuan, dan pesan. 

Teks pidato harus memuat:
1. Salam pembuka
Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, dan lain-lain)
2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. 
3. Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
4. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
5. Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Jika seseorang sedang berpidato, sebaiknya kita menyimak dengan baik. 
Cara menyimak yang baik: 
-Fokus terhadap isi pidato. 
-Mendengarkan pidato yang disampaikan dengan baik. 
-Mencatat hal-hal penting dalam pidato. 
-Menuliskan kesimpulan dalam pidato. 


PKn KD 3.1

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan oleh para anggota koperasi antara lain;

  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan (Sila ke-4)
  • Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah (Sila ke-4)
  • Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah (Sila ke-4)
  • Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan (Sila ke-4)
  • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (sila ke-5)
  • Menjaga antara hak dan kewajiban (Sila ke-5)
Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari
  1. Bekerja bakti dalam membersihkan lingkungan. 
  2. Bersama-sama membangun pos ronda. 
  3. Bersama-sama membangun jembatan. 
  4. Bersama-sama membersihkan lingkungan setelah tertimpa bencana.
  5. membantu tetangga jika ada acara
  6. membersihkan tempat ibadah dengan baik
  7. mengikuti kerja bakti dengan tanggung jawab
  8. membersihkan rumah bersama keluarga
  9. membersihkan lingkungan sekolah dengan baik
  10. dst,


link latihan soal ada di akhir artikel

IPS KD 3.3

Kerja Sama Negara-Negara di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan

Deklarasi kerja sama pendidikan yang bertujuan mencapai masyarakat ASEAN yang peduli terhadap pendidikan. 
Pelaksanaan program pertukaran pelajar se-ASEAN.
Kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Kerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dengan masyarakat dunia. 


Adapun bentuk kerja sama ASEAN di bidang iptek sebagai berikut;
a. Mengelola pusat penelitian untuk biologi atau Regional Centre for  Tropical Biology (Biotrop) yang berpusat di Bogor, Indonesia.
b. Mengelola pusat penelitian ilmu pengetahuan Matematika atau Regional Centre for iducation Science Mathematic (RECSAM) di Pinang, Malaysia.
c. Mengelola pusat pendidikan bahasa Inggris atau Regional English Lenguage Center (RELC) di Singapura.
d. Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate Study and Reaseach in Agricultural (SEARCA) di Los  Banos, Filipina. 


Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama. Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok. Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia. Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.

Peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan 
  • Mendukung program pertukaran pelajar dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar berprestasi. 
  • Menyediakan sarana pendidikan yang memadai untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pelajar Indonesia. 
  • Menyusun kurikulum pendidikan yang tepat.
  • Kerja sama dengan negara lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau teknologi.
  • Mendorong hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
  • Mendorong organisasi dan sekolah di tiap-tiap negara mencari mitra kerja sama di kawasan Asia Tenggara.
  • Mengadakan lokakarya atau mengundang dosen untuk memberikan kuliah di universitas negara lain.
  • Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 diatas dapat dilihat dalam bentuk ebook/ flipbook, dan dapat di unduh dalam bentuk dokumen pdf.


ebooknya bisa dilihat disini


Sumber buku: 

Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

flipbook Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dapat dilihat disini

dan dapat di download dalam bentuk dokumen pdf

Post a Comment